Politik    Sosial    Budaya    Ekonomi    Wisata    Hiburan    Sepakbola    Kuliner    Film   
Home » , » Keunikan Peningkatan Kualitas SDM Mahasiswa Ncera

Keunikan Peningkatan Kualitas SDM Mahasiswa Ncera

Posted by fimny on Minggu, 08 Februari 2015

Ismail Aljihadi
Derasnya arus perubahan modernisasi membawa fenomena yang sangat besar bagi perkembangan manusia seutuhnya, tak ketinggalan juga fenomena yang terjadi di desa Ncera, Belo, Bima, dimana di era modernis ini mahasiswa dan masyarakat Ncera mengalami perubahan yang sangat signifikan, baik itu perubahan dari segi politik, nilai, etika, social, budaya juga perubahan di segi Ekonomi. Perubahan itu bisa kita lihat dan bisa dirasakan bersama misalnya: dalam segi pengembangan kualitas SDM masyarakat Ncera, sekitar pada tahun 2007 hingga 2015 sekarang telah banyak melakukan perubahan dan perbaikan serta peningktan jumlah penyebaran Mahasiswa dari berbagai daerah serta kota-kota besar di Indonesia, terutama di Yogyakarta, Makasar, Jakarta, Bima, Kalimantan, Malang, Mataram, Surabaya, dan lain-lain.

Disamping peningkatan jumlah penyebaran mahasiswa yang begitu luas, namun ada suatu hal unik dan menarik yang perlu kita banggakan bersama, dimana mahasiswa intelektual Ncera melakukan suatu persaingan-persaingan bersama mahasiswa daerah dan kota-kota besar lainnya.  Mahasiswa Ncera berani mencacat nilai sejarah dengan mendirikan berbagai elemen, lembaga serta organisasi-organisasi lokal dan nasional. Di Yogyakarta telah berdiri Forum Intelektuan Muda Ncera Yogyakarta (FIMNY), begitu juga di Makasar, Mataram, Malang, Jakarta, dan lain sebagainya, telah berdiri pula lembaga/organisasi independen serta organisasi yang bernaung dibawah organisasi nasional. Bila kita sadari bersama sebenarnya mahasiswa Ncera telah mampu bersaing di era modernisasi, sebab memang di era perubahan ini mau tidak mau mahasiswa Ncera harus berperan dan ikut andil dalam peningkatan serta perubahan kualitas SDM yang ada.

Namun dikala perubahan yang sangat menonjol tersebut, sadar atau tidak sadar dalam kubu internal mahasiswa Ncera secara keseluruhan mengalami fenomena yang unik, walau secara kuantitas peningkatan mahasiswa Ncera perlu penulis acungkan jempol bahkan bisa memberikan stigmasi positif, namun bila kita tinjau dari segi kualitas mahasiswa Ncera masih dalam proses atau bisa dibilang masih standar dibandingkan dengan daerah dan kota-kota lainnya. Hal ini bisa kita lihat dari  sedikit banyaknya peran mahasiswa Ncera dalam organisasi, partai dan lembaga nasional. Disamping itu fenomena yang  perlu kita pikirkan bersama atas kurangnya peningkatan kualitas SDM mahasiswa Ncera, dalam kubu internal mahasiswa Ncera masih bergerak atau berorganisasi menurut kelompok, organisasi dan kubu masing-masing, sehingga wajar kita sebagai generasi penerus mahasiswa mengalami perkembangan yang begitu lamban.

Melihat kondisi serta permasalahan begitu kompleks yang terjadi dalam internal mahasiswa Ncera, kita sebagai generasi intelektual penggerak perubahan bagi masyarakat serta berpeluang besar untuk ikut andil dalam kemajuan bangsa dan Negara Indonesia yang kita cintai. Namun untuk menuju kemajuan dan perubahan yang kita idam-idamkan bersama perlu utama kita lakukan perubahan yang besar dalam kubu internal mahasiswa Ncera dengan cara kita harus bersama-sama untuk menyatukan semua elemen, kelompok, lembaga serta organisasi mahasiswa Ncera secara keseluruhan.

Oleh: Ismail Aljihadi
Senior Forum Intelektual Muda Ncera Yogyakarta (FIMNY)

SHARE :
CB Blogger

Posting Komentar

 
Copyright © 2008 fimny. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Template by www.phylopop.com