Politik    Sosial    Budaya    Ekonomi    Wisata    Hiburan    Sepakbola    Kuliner    Film   
Home » » SEMA UIN Sunan Kalijaga Gelar Bedah Buku “Mahasiswa Menggugat”

SEMA UIN Sunan Kalijaga Gelar Bedah Buku “Mahasiswa Menggugat”

Posted by fimny on Minggu, 02 November 2014

Yogyakarta, FIMNY.org – Senat Mahasiswa Universitas (SEMA-U) Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta menyelenggarakan Bedah Buku “Mahasiswa Menggugat” pada hari Sabtu, 1 November 2014 pkl 09.00-selesai, berlangsung di Teatrikal Perpustakaan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Bedah buku tersebut hadir sebagai pemantiknya yakni oleh para menulisnya langsung diantaranya, Pertama, saudara Mahalli, mahasiswa Universitas Brawijaya Malang. Kedua, saudari Ni Ketut Arum, mahasiswa Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja  Bali. Ketiga, saudara Aep Saepumillah, mahasiswa Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Harapan Senat Mahasiswa Universitas (SEMA-U) Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta atas terselenggaranya acara Bedah Buku “Mahasiswa Menggugat” ini yakni untuk menggiring mahasiswa agar aktif menulis dan ikut serta memberi sumbangsi gagasan dan pemikirannya untuk bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia. “Pada prinsipnya acara tersebut adalah librasi untuk menggiring mahasiswa agar aktif menulis dan ikut serta memberi sumbangsi gagasan atas bangsa ini, disamping itu juga untuk merefres kembali bahwa pentingnya mahasiswa menulis”, ungkap Ketua Senat Mahasiswa Universitas (SEMA-U) Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, Romel Masykuri, saat dihubungi FIMNY.org pada hari Sabtu, 1 November 2014 malam hari.

Mahasiswa harus cerdas menyampaikan ide dan gagasannya tidak serta merta disalurkan hanya melalui demo dan demo, tetapi disampaikan juga dengan cara lain yang lebih elegan dan tentu salahsatu diantaranya adalah menyalurkannya melalui tulisan. Oleh karena itu, lebih lanjut Romel Masykuri menekankan, “Selain itu. Karena tidak bisa lagi mahasiswa menggeritisi hanya dengan demo, lebih dari itu harus melelui tulisan karena pemerintahan sekarang bukan seperti dulu yang otoriter. Sebagai mahasiswa bukan hanya megeritik tapi memberi solusi”, cetus Romel Masykuri.

Selain itu, mewakili Senat Mahasiswa Universitas (SEMA-U) Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, Romel Masykuri berharap dengan adanya Bedah Buku “Mahasiswa Menggugat” ini, mahasiswa termotivasi untuk aktif menulis kembali, mengingat pada akhir-akhir ini “menulis” merupakan aktifitas positif yang sempat dilupakan mahasiswa. “Dengan launching Mahasiswa Menggugat, juga SEMA (Senat Mahasiswa Universitas (SEMA-U) Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, red) berharap agar mahasiswa termotivasi untuk aktif menulis kembali yang akhir-akhir ini sempat dilupakan oleh mahasiswa”, lanjut cetus Romel Masykuri.

Sebagai informasi, hadirnya buku “Mahasiswa Menggugat” merupakan 3 Nominator terbaik yang dipilih dari Lomba Esai Mahasiswa Nasional yang diselenggarakan oleh Senat Mahasiswa Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta. Keputusan 3 Nomintor terbaik tersebut ditetapkan bulan Juli 2014 lalu. Adapun tulisan-tulisan tersebut diantaranya, Pertama, tulisan saudara Mahalli, mahasiswa Universitas Brawijaya Malang, dengan judul “Oligopsoni Tembakau: Gugatan atas Politik Perdagangan Tembakau di Madura”.

Kedua, tulisan saudari Ni Ketut Arum, mahasiswa Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja  Bali, dengan judul “Pola Asuh Otoritatif dan The Underwear Rule Sebagai Upaya Proteksi Kekerasan dan Pelecehan Seksual Anak di Dunia Pendidikan”, dan Ketiga, tulisan saudara Aep Saepumillah, mahasiswa Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, dengan judul “Konstitusionalitas Kebebasan Beragama dan Berkeyakinan di Indonesia: Telaah Atas Dinamika Peraturan Kebebasan Beragama dan Berkeyakinan Warga Ahmadiyah dalam Konstitusi Indonesia Pasca Amandemen Undang-Undang Dasar Republik Indonesia Tahun 1945”. (Baca: 3 Nominator Lomba Esai Mahasiswa Nasional Senat Mahasiswa UIN Sunan Kalijaga)

SHARE :
CB Blogger

Posting Komentar

 
Copyright © 2008 fimny. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Template by www.phylopop.com