Politik    Sosial    Budaya    Ekonomi    Wisata    Hiburan    Sepakbola    Kuliner    Film   
Home » , » FIMNY dan KR Gelar Pelatihan Jurnalis

FIMNY dan KR Gelar Pelatihan Jurnalis

Posted by fimny on Selasa, 29 April 2014

Yogyakarta, FIMNY.org – Forum Intelektual Muda Ncera Yogyakarta (FIMNY) bekerjasama dengan Badan Penerbit Koran Harian kedaulatan Rakyat Yogyakarta menggelar Pelatihan Jurnalis Forum Intelektual Muda Ncera Yogyakarta (FIMNY) 2014. Pelatihan Jurnalis tersebut dilaksananakan pada Hari Sabtu, 26 April 2014 berlangsung di Ruang Aula II PT. Badan Penerbit Koran Harian Kedaulatan Rakyat Yogyakarta, dengan mengagkat tema “Melahirkan Pemuda Dengan Jiwa Jurnalis Dalam Mengawal Demokrasi”.

Saat Acara ceremonial pembukaan acara dilakukan sambutan-sambutan berbaai pihak, baik dari pihak Forum Intelektual Muda Ncera Yogyakarta (FIMNY) maupun dari pihak PT. Badan Penerbit Koran Harian Kedaulatan Rakyat Yogyakarta. Sambutan Pertama dari Ketua Panitia saudara Sulaiman. Sambutan Kedua perwakilan dari PT. Badan Penerbit Koran Harian Kedaulatan Rakyat Yogyakarta oleh Bapak Imam Satriyadi (Direktur Keuangan PT. Badan Penerbit Koran Harian Kedaulatan Rakyat Yogyakarta). Sambutan ketiga oleh Ketua Umum Forum Intelektual Muda Ncera Yogyakarta (FIMNY) saudara Dedi Purwanto. Sambutan terakhir sekaligus membuka secara resmi acara Pelatihan Jurnalis Forum Intelektual Muda Ncera Yogyakarta (FIMNY) 2014 oleh saudara Jamaludin, S.E.I., M.Ec.Dev. (Senior FIMNY/Alumnus UGM).

Saat sambutannya, Bapak Imam Satriyadi (Direktur Keuangan PT. Badan Penerbit Koran Harian Kedaulatan Rakyat Yogyakarta) mengatakan menyambut baik kehadiran dan adanya Pelatihan Jurnalis Forum Intelektual Muda Ncera Yogyakarta (FIMNY) 2014, ini menjadi salahsatu ajang silaturrahmi kita bersama.

Ketua Umum Forum Intelektual Muda Ncera Yogyakarta (FIMNY), saudara Dedi Purwanto dalam sambutannya mengatakan, Pelatihan Jurnalis Forum Intelektual Muda Ncera Yogyakarta (FIMNY) 2014 ini merupakan Acara Inti yang diadakan dalam rangka memperingati Hari ulang Tahun Ke-6 Forum Intelektual Muda Ncera Yogyakarta (FIMNY). Selain Pelatihan Jurnalis, dalam Rangka HUT ke-6 FIMNY ini juga diadakan beberapa agenda yaitu: Turnamen Bola Mini dilaksa pada tanggal 8-11 Mei 2014 di Lapangan Brimob DIY, Turnamen Catur dilaksanakan pada tanggal 10-11 Mei 2014 di Aula Asrama KEPMA Bima-Yogyakarta, Turnamen Futsal dilaksanakan pada Tanggal 31 Mei 2014-1 Juni 2014 di Lapangan Futsal UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, dan yang terakhir sebagai puncak acara juga sebagai Hari Lahirnya FIMNY diadakan Refleksi HUT ke-6 FIMNY dan doa Bersama pada tanggal 2 Juni 2014 di Panggung Demokrasi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Pelatihan Jurnalis Forum Intelektual Muda Ncera Yogyakarta (FIMNY) menghadirkan dua pemateri yang memang ahli dibidangnya dan dibagi menjadi dua sesi. Sesi pertama dengan materi “Kiat-kiat Menjadi Jurnalis Muda yang Benar” disampaikan oleh  Drs. H. Ahmad Lutfie, M.A. (Wakil Pimpinan Redaksi Badan Penerbit Koran Harian Kedaulatan Rakyat/Pimpinan Redaksi Kedaulatan Rakyat Online) didampingi Moderator saudara M. Jamil (Senior FIMNY/Ketua II Bagian Eksternal DPC PERMAHI Yogyakarta). Sesi kedua dengan materi “Mempertahankan Jiwa Idealis Para Jurnalis Muda” disampaikan oleh Bapak Krisno Wibowo (Koordinator Swara Kampus Kedaulatan Rakyat) didampingi Moderator saudara Jamaludin, S.E.I., M.Ec.Dev. (Senior FIMNY/Alumnus UGM).

Drs. H. Ahmad Lutfie, M.A. selaku Pemateri Sesi Pertama mengatakan Jurnalistik (journalistic) berasal dari kata du jour atau journal (Perancis) yang artinya hari atau catatan harian. Jurnalistik adalah proses penulisan dan penyebaran informasi berupa berita, feature, dan opini melalui media massa (media cetak, elektronika atau online. Sedang jurnalis adalah orang yang berkecimpung di bidang jurnalistik. Jurnalistik pada dasarnya dunia yang terbuka bagi siapa saja. Artinya, siapapun orangnya, dengan latar belakang apa saja, baik berlatarbelakang pendidikan agama, sosial, olahraga, kedokteran, maupun lainnya, bisa menjadi seorang jurnalis.

Lebih lanjut Ahmad Lutfie megatakan, beberapa syarat menjadi jurnalis pada umumnya, pertama Berpendidikan minimal sarjana (S-1) atau lulusan akademi komunikasi (AKY, Akindo, dll), kedua Mempunyai kemampuan di bidang jurnalistik (mampu menggali informasi sampai mampu membuat tulisan jurnalistik), ketiga Mempunyai wawasan yang dibutuhkan untuk bekerja di bidang jurnalistik (generalis). Keempat Menguasai bidang liputan yang menjadi spesialisasinya (spesialis). Seorang wartawan olahraga harus memahami semua hal terkait bidang olahraga yang digeluti. Kelima Sekarang ada tambahan syarat lulus uji kompetensi (profesional) Jurnalis.

Sebenarnya apa sih yang ditulis oleh seorang jurnalistik, dalam kesempatan itu juga Ahmad Lutfie mengungkapkan bahwasannya beberapa hal yang ditulis oleh jurnalistik diandaranya “berita, feature, artikel/opini, dll”. Beliau merincinya seperti dibawah ini:

Menulis Berita:
Sebenarnya tidak ada definisi baku yang menjelaskan tentang definisi berita. Menurut Mitchel V. Charnley, berita adalah laporan tercepat dari suatu peristiwa atau kejadian yang faktual, penting, dan menarik bagi sebagian besar pembaca, serta menyangkut kepentingan mereka. Berita biasa disebut straightnews atau hardnews. Berita menerangkan unsur 5W +1H, yaitu What: Apa yang terjadi, Who: Siapa yang terlibat dalam kejadian/kegiatan, Where: Di mana hal itu terjadi, When: Kapan peristiwa itu terjadi, Why: Kenapa hal itu terjadi, dan How: Bagaimana peristiwa itu terjadi.

Menulis Feature :
Feature merupakan tulisan khas yang menuturkan fakta, peristiwa atau proses disertai penjelasan riwayat terjadinya, duduk perkaranya, proses pembentukannya, dan cara kerjanya. Feature umumnya mengedepankan unsur why dan how. Feature biasanya tulisan dengan materi hal-hal yang mengandung human interest (menyentuh perasaan manusiawi). Feature juga biasa disebut tulisan penyegar. Fungsinya sebagai oase di antara berbagai tulisan lain di sebuah media massa. Feature biasa diangkat dari kisah tokoh tertentu (karena terkenal, karena prestasi, atau karena nasibnya yang menyedihkan). Struktur Tulisan Feature itu sendiri diantaranya: (1) Judul (head). (2) Teras (lead). (3) Bridge atau jembatan antara lead dan body. (4) Tubuh tulisan atau body. (5) Penutup (ending) yang biasanya mengacu pada lead, menimbulkan kenangan atau kengerian, menyimpulkan yang telah diceritakan atau mengajukan pertanyaan tanpa jawaban.

Menulis Artikel/Opini:
Artikel adalah salah satu bentuk tulisan nonfiksi berisi fakta dan data yang disertai analisis dan opini penulisnya. Biasanya, artikel halaman opini diperuntukkan bagi penulis luar, namun tidak tertutup kemungkinan bagi jurnalis untuk menulis. Jenis-jenis artikel itu diantaranya: Artikel ringan, antara lain Sungguh-sungguh Terjadi, Surat Pembaca, tips tertentu. Artikel sedang, antara lain Suara Guru dan Mahasiswa Berbicara. Artikel berat: Artikel di rubrik opini atau di rubrik khusus seperti Analisis di KR. Artikel juga sering disebut tulisan ilmiah populer, yaitu opini atau pendapat atau gagasan pribadi seseorang yang sifatnya ilmiah dan disajikan secara populer di media massa, yang meliputi berbagai aspek kehidupan, baik politik, ekonomi, sosial-budaya dan hankam. Dalam penyajiannya tulisan ini mengacu pada metode penulisan yang gampang dimengerti, lugas dan kritis. Struktur Artikel Jurnalistik diantaranya adalah sebagai berikut: (1) Teras (lead atau intro): Pengantar gagasan atau pokok pikiran penulisnya atau ditujukan untuk menata pikiran pembaca sebagai persiapan mengetahui lebih jauh isinya. Teras yang baik harus mampu memikat pembaca agar penasaran membaca lebih jauh; (2) Tubuh (body): uraian/penjelasan dari pokok pikiran di lead; (3) Penutup (ending). Biasanya berupa kesimpulan. Biasa pula dilengkapi dengan solusi permasalahan.

Suasana saat Berlangsungnya acara
Pemateri dan Moderator Materi I

 Pemateri dan Moderator Materi II





SHARE :
CB Blogger

Posting Komentar

 
Copyright © 2008 fimny. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Template by www.phylopop.com