Politik    Sosial    Budaya    Ekonomi    Wisata    Hiburan    Sepakbola    Kuliner    Film   
Home » » Cerpen: Kisah Si Miskin

Cerpen: Kisah Si Miskin

Posted by fimny on Rabu, 25 Maret 2015

Agil Pamungkas.
Disebuah sekolah dasar salah satu desa terpencil, letak desa terpencil itu lumayan dekat dengan salah satu kota besar di wilayah Indonesia. Salah satu murid pada sekolah tersebut ada yang namanya Putri. Putri merupakan salahsatu pemain bintang terkenal pada masa itu. Tibalah suatu hari ibu gurunya memberi tugas pada para murid-muridnya untuk menuliskan cerita pendek dalam sesi pertemuan pelajaran mengarang. Semua murid-murid pun mengerjakan apa yang di instruksikan oleh guru itu, tak terkecuali si Putri pun ikut mengerjakan tugas itu.

Setelah semua murid sudah pada kerjakan penulisan ceritanya masing-masing, lalu satu-persatu maju ke depan untuk menceritakan ulang satu persatu cerita-cerita yang mereka tuliskan.

Dari seluruh cerita pendek yang murid-murid tulis, dan ternyata yang terpendek adalah ceritanya si Putri. Setelah teman-temannya satu-persatu telah membacakan di depan kelas, lalu giliran Putri membacakan cerita pendeknya. Bergegas Putri maju ke depan dan dengan percaya dirinya menceritakan apa yang dia tuliskan.

Beginilah tugas cerita mengarang yang di tuliskan si Putri tersebut:
“Pada zaman dahulu kala hiduplah sebuah keluarga miskin, dimana ibunya miskin, ayahnya miskin, anak-anaknya juga miskin. Tak hanya itu, babunya juga miskin, penjaga malamnya miskin. Babby sitternya juga ternyata miskin.”

Begitulah cerita pendek yang dituliskan si Putri tersebut.

Guru dan para murid-murid yang lain dengan asiknya mendengarkan cerita yang Putri bacakan. Tiba-tiba karena sangat pendeknya cerita yang dituliskan Putri, lalu si Putri ucapkan “Ceritanya sampai disitu saja, dan selesai. Terimaka kasih.”


Yogyakarta, 20 Maret 2015
Karya: Agil Pamungkas (Kelas VII A Madrasah Tsanawiyah Yapi Pakem/Santriwan Yayasan Tauhidul Ummah Pusat Yogyakarta)

SHARE :
CB Blogger

Posting Komentar

 
Copyright © 2008 fimny. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Template by www.phylopop.com