Politik    Sosial    Budaya    Ekonomi    Wisata    Hiburan    Sepakbola    Kuliner    Film   
Home » » UPSH FH UJB Gelar LDK dan Oprek Anggota Baru

UPSH FH UJB Gelar LDK dan Oprek Anggota Baru

Posted by fimny on Selasa, 18 November 2014

Peserta dan Panitia saat LDK UPSH. Foto: UPSH
Yogyakarta, FIMNY.org – Unit Pengabdian Study Hukum (UPSH) Fakultas Hukum Universitas Janabadra Yogyakarta selenggarakan kegiatan Latihan Dasar Kepemimpinan dan Open Rekruetmen anggota baru pada hari Sabtu 15 November 2014.

“Pada hari Sabtu 15 November 2014 Unit Pengabdian Study Hukum (UPSH) Fakultas Hukum Universitas Janabadra Yogyakarta mengadakan kegiatan Latihan Dasar Kepemimpinan dan Open Rekruetmen Anggota Baru dalam rangka regenerasi serta kelanjutan organisasi kampus, dengan tema “Membangun Pendidikan Kritis kepada Mahasiswa Fakultas Hukum untuk Membangun Peneggakan Supremasi Hukum”, ungkap Ketua Umum Unit Pengabdian Study Hukum (UPSH) Fakultas Hukum Universitas Janabadra Yogyakarta, saudara Tuson Dwi Haryanto, melalui siaran persnya yang diterima FIMNY.org pada hari Senin, 17 November 2014 di Yogyakarta.

Lebih lanjut, Tuson mengatakan ada berbagaimacam materi yang sampaikan pada acara Latihan Dasar Kepemimpinan tersebut, yang dimana pemateri-pemateri yang menyampaikan materi merupakan orang-orang yang kompeten dibidangnya masing-masing, seperti materi Kejaksaan, Kehakiman, Advokat, serta keorganisasian. “Materi tentang Kehakiman disampaikan oleh Wakil Penitera Pengadilan Negeri Yogyakarta yang juga merupakan salah satu alumni dari Fakultas Hukum Universitas Janabadra Yogyakarta, yakni Bapak Ibnu Fauzi, S.H., M.H., Materi tentang Provesi Kejaksaan disampaikan oleh Jaksa dari Kejaksaan Negeri Yogyakarta, yakni Bapak Sarwoto, S.H.,M.H., selain itu materi tentang Profesi Pengaca/Advokat disampaikan oleh  Direktur Lembaga Bantuan Hukum dan Study Kebijakan Publik (LBH SIKAP), yakni Bapak M. Yusup, S.H., LL.M., serta materi selanjutnya yang sangat penting dari runtutan acara tersebut yakni materi yang diberikan kepada mahasiswa dan anggota baru dari organisasi UPSH yakni tentang Keorganisasian yang di sampaikan oleh Eks Ketua Umum Dewan Pimpinan Cabang Perhimpunan Mahasiswa Hukum Indonesia Daerah Istimewa Yogyakarta (DPC PERMAHI DIY) Periode 2012-2014, yakni saudara Sugiarto, S.H.”, cetus Tuson Dwi Haryanto.

Adanya kegiatan ini tidak semata-mata tanpa tujuan dan target yag jelas, Tuson Dwi Haryanto menegaskan bahwasannya target dari UPSH dalam mengadakan acara tersebut yakni bagaimana mahasiswa Fakultas Hukum Janabadra Yogyakarta agar lebih aktif dibandingkan mahasiswa-mahasiswa hukum kampus lain yang ada di Yogyakarta dari pemahaman-pemahaman provesi hukum. “Supaya menjadi lebih aktif dari pada mahasiswa di universitas yang ada di Jogja terutama dalam meningkatkan pemahaman tentang hukum dan provesi hukum sebagai disiplin ilmu yang sedang di tekuni oleh mahasiwa fakultas hukum”, lanjut Tuson Dwi Haryano menegaskan.

Lebih jauh Tuson Dwi Haryano mengungkapkan kegelisahannya pada mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Janabadra Yogyakarta, “Mahasiswa Janabadra jangan sampai kalah oleh mahasiswa kampus lain, dan anggota dari organisasi UPSH harus lebih progresif dari yang lainnya dan siap untuk menjadi para penegak hukum yang progrsif pula demi terwujudnya supremasi hukum”, beber Tuson.

Antusias mahasiswa dalam mengikuti acara tersebut sangatlah tinggi dan pesertanya melebihi dari yang di tetapkan oleh kepanitiaan yang di pimpin oleh Misbahhudin selaku ketua panitia, esensi dari acara ini yaitu mahasiswa FH Janabadra bisa menjadi agent of change di dalam masyarakat dan menjadi pendamping masyarakat dalam mencari keadilan. “Untuk agenda selanjutnya dari UPSH akan mengadakan kegiatan kajian hukum berupa praktek peradilan semu dan agenda yang berhubungan dengan provesi hukum”, ungkap Tuson Dwi Haryano dalam kalimat penutupnya.


SHARE :
CB Blogger

Posting Komentar

 
Copyright © 2008 fimny. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Template by www.phylopop.com