Politik    Sosial    Budaya    Ekonomi    Wisata    Hiburan    Sepakbola    Kuliner    Film   
Home » » Rio Ramabaskara: Dukung Lahirnya Taman Nasional Gunung Tambora

Rio Ramabaskara: Dukung Lahirnya Taman Nasional Gunung Tambora

Posted by fimny on Sabtu, 16 Agustus 2014

FIMNY.org – Rio Ramabaskara yang merupakan Angkatan Muda Tambora (AMA BORA) dalam via Broadcast BlackBerry yang diterima FIMNY.org pada Hari Sabtu, 16 Agustus 2014 menyampaikan petisi dukungannya atas Lahirnya Taman Nasional Gunung Tambora.

“Letusan Tambora tidak hanya menyisakan cerita tentang kengerian erupsi, tetapi juga meninggalkan jejak kekayaan alam, budaya, ilmu pengetahuan, arkeologi, hingga suaka margasatwa.” tulis Rio Ramabaskara.

Lebih lanjut lewat Broadcast BlackBerry tersebut, Rio Ramabaskara mengatakan “Gunung Tambora dengan konstruktur tanahnya yang didominasi oleh perbukitan dan padang savana ini telah memenuhi sejumlah kriteria yaitu :  Pertama, Luas wilayah cukup untuk menjamin kelangsungan proses ekologis alamiah; Kedua, Terdapat sumber daya alam khas dan unik berupa tumbuhan, satwa, ekosistem, serta gejala alam yang utuh dan alami; Ketiga, Kondisi alam asli dan alami yang dapat dikembangkan sebagai pariwisata alam; Keempat,  Merupakan kawasan yang dapat dibagi dalam beberapa zona seperti zona inti, pemanfaatan, rimba, dan zona lain dengan pertimbangan kepentingan rehabilitasi kawasan, kebergantungan masyarakat sekitar kawasan, dan untuk mendukung upaya pelestarian sumber daya alam hayati serta ekosistem.”

“Dengan berstatuskan sebagai Taman Nasional kelak, maka Peluang pemanfaatan Tambora juga jadi lebih besar. Karena Tambora memiliki pemandangan indah dan sejarah letusan yang menarik.” Tulis Rio Ramabaskara.

Lebih lanjut Rio Ramabaskara mengungkapkan “Tambora semakin Sensual dengan air panas, sungai air tawar, danau kecil, dan kubah barunya, yang berbalut dengan cagar alam seluas 23.840,81 hektar (ha), suaka margasatwa 21.674,68 ha, dan taman buru 26.130,25 ha.”

“Semoga pemberian status sebagai taman nasional kepada Tambora menjadi sebuah kado terindah saat Peringatan 200 tahun letusannya yang jatuh pada Tanggal 10 April 2015 Mendatang.” Ungkap Rio Ramabaskara.

Petisi mendukung adanya Taman Nasional Gunung Tambora tersebut di-Amien-kan pula oleh Salah satu Putera Daerah Dompu yaitu Abdul Haris, S.H., belia merupakan salahsatu Pengusaha Muda yang kini berkiprah di Jakarta. 

“Bahwa semoga dengan adanya status Taman Nasional bagi Gunung TAMBORA mampu mengembalikan kepercayaan diri Masyarakat Dompu dan Bima, bahwa Kita harus berbuat DARI TAMBORA UNTUK INDONESIA”, ungkap Abdul Haris, S.H.

SHARE :
CB Blogger

Posting Komentar

 
Copyright © 2008 fimny. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Template by www.phylopop.com