Politik    Sosial    Budaya    Ekonomi    Wisata    Hiburan    Sepakbola    Kuliner    Film   
Home » , » Munazar Akan Sampaikan Materi Wawasan Kebangsaan Saat LDK FIMNY

Munazar Akan Sampaikan Materi Wawasan Kebangsaan Saat LDK FIMNY

Posted by fimny on Rabu, 22 Januari 2014

Yogyakarta, FIMNY.org – Dewasa ini kesadaran pemuda/mahasiswa mempelajari wawasan kebangsaan sangat minim, tidak tahu kenapa, dan kenapa bisa seperti itu, itu semua akan menjadi PR tersendiri bagi kita yang merasa terpanggil hati dan jiwanya untuk sama-sama lebih menyadarkan diri kita dan kawan kerabat kita agar senantiasa menyadari dan mau mempelajari dan memperdalam wawasan kebangsaan tersebut. Perjuangan bangsa Indonesia dalam rangka membentuk “satu kesatuan sebagai bangsa “nation” dan “membentuk negara yang merdeka” penuh dengan dinamika dan pasang surut. Dimulai dari Perjuangan para pemuda, sejak 1908 yang selalu kita peringati dengan Hari kebangkitan Nasional, tanggal 20 Mei 1908, disitulah kita telah mengenal Kehidupan Berbangsa dan berpolitik; Setelah itu dilanjutkan dengan Sumpah Pemuda, para pemuda di seluruh Indonesia berkumpul dari perwakilan pemuda di seluruh Indonesia. Dari berbagai peristiwa perjalanan perjuangan tersebut ada suatu peristiwa yang perlu terus kita jadikan sebagai catatan penting, karena pada saat-saat itulah sebuah komitmen atau konsensus bangsa diletakkan, oleh para pemuda. Peristiwa dimaksud adalah “Proklamasi Kemerdekaan pada tanggal 17 Agustus 1945 yang kemudian sehari setelah itu dilanjutkan dengan pengesahan UUD NRI Tahun 1945 sebagai Konstitusi Negara”. Peristiwa Proklamasi Kemerdekaan dan pengesahan UUD NRI Tahun 1945 merupakan konsensus nasional (semua warga bangsa) bahwa pengaturan kehidupan berkebangsaan dan kehidupan bernegara dalam negara Indonesia yang dibentuk disepakati dengan dilandasi oleh ideologi negara yang disebut Pancasila, dilandasi oleh sebuah konstitusi negara yang disebut UUD NRI Tahun 1945, disepakati mengenai konsepsi bentuk negaranya adalah negara kesatuan Republik Indonesia, dan disepakati bahwa masyarakatnya berada dalam satu ke-Indonesia-an yang terdiri dari berbagai suku/ras/etnis, budaya, agama dan norma-norma kehidupan yang mencerminkan dalam Bhinneka Tunggal Ika.
   
Dalam prosesi rangkaian acara “Latihan Dasar Kepemimpinan FIMNY 2014” yang diselenggarakan oleh Forum Intelektual Muda Ncera Yogyakarta (FIMNY) salah satu materinya Yaitu “Membangun Pemuda / Mahasiswa yang Berwawasan Kebangsaan” dengan tujuan Terpeliharanya rasa nasionalisme generasi muda dan rasa solidaritas dengan menumbuhkan jiwa kebangsaan sebagai bangsa Indonesia, materi ini akan disampaikan Oleh Saudara Munazar (Ketua Umum Ikatan Keluarga Pelajar Mahasiswa Daerah Indonesia Yogyakarta) yang akan disampaikan pada Hari Sabtu, Tanggal 25 Januari 2014. Seperti apa dan bagaimana “Membangun Pemuda / Mahasiswa yang Berwawasan Kebangsaan” tersebut, akan dikupas tuntas dalam kesempatan tersebut, oleh karena itu, jangan lewatkan tuk menghadiri acara tersebut.

Acara “Latihan Dasar Kepemimpinan FIMNY 2014” ini dipersembahkan oleh Forum Intelektual Muda Ncera Yogyakarta (FIMNY), diselenggarakan di Kaliurang, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

SHARE :
CB Blogger

Posting Komentar

 
Copyright © 2008 fimny. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Template by www.phylopop.com