Politik    Sosial    Budaya    Ekonomi    Wisata    Hiburan    Sepakbola    Kuliner    Film   
Home » , » Ubalah Hidupmu dengan Mulai Membaca

Ubalah Hidupmu dengan Mulai Membaca

Posted by fimny on Sabtu, 25 April 2015

Intan Kurniati.
Mengapa perlu membaca di kumandangkan terus-menerus bahkan senantiasa di dengung-dengunkan agar menajadi kebiasaan. Dengan membaca orang lebih terbuka cakrawakala pemikirannya dengan membaca seseorang melakukan refleksi dan meditasi, sehingga budaya baca terarah pada budaya intelektual, dengan membaca seseorang tidak hanya mendapat pencerahan tetapi bisa muncul inspirasi.

Membaca adalah salah satu aktivitas paling penting yang akan mengantarkan kita menjadi pribadi yang lebih unggul dan berkualitas. Membaca juga dapat meningkatkan pengetahuan dan ilmu kita, Namun untuk menumbuhkan rasa ingin atau senang untuk membaca tidaklah mudah dan memerlukan waktu untuk berfikir-fikir dalam meluangkan waktu. Inilah suatu hal yang sering dirasakandi kalangan masyarakat, anak-anak dan lainya. Hal itu wajar karena kebanyakan orang tidak tahu caranya bagaimana menumbuhkan minat membaca pada dirinya sendiri.

Meningkatkan minat baca harus dimulai dengan motivasi diri dalam membaca. Bagi penulis, selintas pandangan di atas sudah cukup untuk membantu pengetahuan tentang  akan pentingnya membaca bagi masyarakat, sebab itu adalah sebuah keharusan bila kita ingin menguasai pengetahuan dan  dunia. Dengan membaca, pandangan kita menjadi terbuka terhadap hal-hal baru yang tidak kita ketahui sebelumnya.

Dalam membaca pun di butuhkan kesungguhan dan keihklasan, Siapapun orang yang bersungguh-sungguh dalam membaca, maka manfaatnya pun akan diraih. Sekarang coba tanyakan pada diri sendiri, selama ini sudahkah  bersungguh-sungguh dalam membaca? Kalau sudah saya mengucapkan selamat, semoga manfaat besar akan segera raih. Jika seandainya belum, maka mulai detik ini segeralah rubah kebiasaan itu, mulailah mengambil sebuah tanggung jawab besar bahwa dengan membaca hidup anda dan hidup orang lain akan lebih bahagia dan bermanfaat.

Minat baca harus dipicu dari diri kita untuk menumbuhkan rasa ingin tahu. Kita harus membuat pertanyaan setiap hal yang ada di sekitar kita dan carilah jawabannya di buku atau dimanapun. Atau bisa juga melihat-lihat buku di toko atau perpustakaan dan cobalah pertanyakan, “Apasih isi buku ini?” Biasanya rasa ingin tahu dan penasaran sangat efektif untuk menggerakkan diri ini untuk melakukan sesuatu hal.

Membaca bukanlah hanya aktivitas mata saja, tapi melibatkan aktivitas pikiran dan hati. Jika seseorang membaca buku tanpa tujuan dan maksud tertentu, maka apa yang dibacanya hanya akan mendapat sedikit saja manfaantnya. Berbeda dengan orang yang memiliki sebuah tujuan yang jelas dia akan mendapat manfaat dari suatu bacaan yang di bacanya. Sebelum membaca buku ia tahu betul buku mana yang dibutuhkan dan manfaat apa yang bisa diambil dari buku yang akan dibaca. Hal inilah yang selama ini kurang dipahami oleh banyak orang, sehingga mereka pun sulit menumbuhkan minat membaca dalam dirinya.

Mungkin alasan mereka kurang membaca buku dikarenakan kesibukan dan tidak punya waktu, itu merupakan suatu alasan yang sering diungkapkan oleh anak-anak dan orang dewasa sekalipun, ketika ditanya tentang membaca buku. Mungkin memang benar, karena kesibukan terkadang membuat capek, lemas dan ingin beristrahat, dibandingkan dengan seseorang yang aktivitasnya kurang padat. Namun, itu bukanlah suatu alasan kenapa seseorang malas membaca buku. Sebenarnya waktu itu banyak, hanya saja seseorang kurang bisa mengatur waktunya. Sekarang kalau kita mau jujur dalam sehari pastilah kita memiliki waktu luang, meskipun hanya  beberapa menit saja. Benar bukan?, intinya adalah  kenali waktu luang anda dan gunakan itu untuk membaca, kalau perlu bawalah selalu buku kemana pun anda berada, sehingga kapan saja ada waktu luang anda bisa membacanya.

Sebaiknya kita memanfaatkan saja fasilatas yang ada di sekitar kita contonya, jika di sekolah atau di rumah ada perpustakaan maka manfaatkan sarana itu dengan baik. Tentunya tidak semua orang punya koleksi buku bacaan yang banyak dan bermanfaat. Karena itulah sarana yang ada itu harus di manfaatkan dengan baik jika sarana atau perpustakaan sekolah tidak ada, maka yang bisa dilakukan misalnya dengan membeli buku, atau anda cari buku elektronik, atau dengan membaca majalah dan koran. Di situ pun bisa mendapatkan banyak bahan bacaan yang bagus dan bermanfaat untuk menambah pengetahuan kita.

Satu masalah utama yang sering dihadapi di kalangan anak-anak pada saat ini adalah krisis keteladanan, sebagai orang tua dan guru, apakah selama ini kita sudah memberikan contoh-contoh perilaku yang kita harapkan kepada anak-anak didik?, kalau kita ingin agar anak-anak giat belajar, sebaiknya kita menampilkan perilaku giat juga agar mereka mau meniru dan mengikuti cara kita. Dengan seperti itu kemaun anak-anak akan lebih menonjol dan akan ada dalam benak mereka untuk berprestasi dalam hidup atau lingkungannya. Dan menajadi contoh yang baik untuk teman-temannya yang lain. Sebaiknya orang tua dan guru berperan penting dalam membantu meningkatkan prestasi dan minat baca terhadap anak-anak didiknya serta memberikan contoh yang baik.

Sebagai langkah kecil saja agar anak bisa gemar membaca yaitu kita biasakan membaca dongeng dan cerita menarik lainya, jika anak gemar di bacakan dongeng akan menambah rasa ingin tahunya dan pikiran mereka pun semakin terbuka, imajinasi mereka akan makin kaya dan meningkat.

Yang perlu kita ingat adalah kalau dengan membaca kita bisa mengetahui seisi dunia dan berpengetahuan yang tidak di ketahui oleh orang lain.  Dan manfaat membaca itu banyak seperti yang tertera dalam pejelasan di atas contohnya berpengetahuan dan lainya. Kita sebagai penerus bangsa harus wajib membuat dan menanamkan motivasi membaca dan belajar pada diri kita. Agar menjadi contoh buat orang lain.

Kalau tidak sekarang kapan lagi kita akan memulai meningkatkan minat baca kita. Ayo mulai sekarang kita tinggkatkan minat baca kita, semakin kita banyak membaca semakin banyak pula ilmu dan pengetahuan yang kita dapat.

Dengan adanya sekilas tulisan tentang menumbuhkan mianat baca ini diharapkan bermanfaat bagi pembacanya, semoga membantu meningkatkan minat baca dan ingin tahu para pembacanya. Jika ada kesalahan atau kekeliruan dalam tulisan ini, penulis haturkan mohon maaf.
 
Daftar Pustaka
R. Masri Saraeb Putra, 2008, Menunbuhkan Minat Baca Pada Anak, Jakarta: PT Indeks.
Lindy Petersen, 2000, Stop and Think Learning (Bagaimana Memotivasi Anak Belajar). Jakarta: PT Grasindo.
http://cafemotivasi.com/-cara-menumbuhkan-minat-membaca/

Penulis:
Intan Kurniati
Anggota Forum Intelektual Muda Ncera Yogyakarta (FIMNY) / Mahasiswa UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.


NB:
Tulisan ini pernah diterbitkan pada Majalah Tauhid Edisi Perdana/April 2015

SHARE :
CB Blogger

Posting Komentar

 
Copyright © 2008 fimny. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Template by www.phylopop.com